ℍ𝔼ℝ𝔹𝔸𝕃 π”»π”Έπ•Œβ„• 𝔾𝔼𝔻𝕀 π•Œβ„•π•‹π•Œπ•‚ π•‚π”Όπ•Šπ”Όβ„π”Έπ•‹β„• ( 𝔸ℕ𝕋𝕀 𝕍𝕀ℝ𝔸𝕃 ) & 𝕄𝔸ℕ𝔽𝔸𝔸𝕋 𝔹𝕀ℕ𝔸ℍ𝕆ℕ𝔾 𝕄𝔼ℝ𝔸ℍ

1. Daun Gedi Merah
Sehat Dengan Daun Gedi

   
 Kandungan unsur kimiawi  daun gedi ;

    Beberapa vitamin ; vitamin A, vitamin C
    Kalium
    Thiamin mineral
    Asam folat
    Zat kolagen
    Riboflavin
    Flavonoid
    Methanol
    Polifenol
    Saponin
    Alkaloid
    Dan masih banyak lagi

Dengan begitu banyaknya kandungan yang ada di dalam daun gedi, maka ketika kamu mengkonsumsinya, entah itu dalam bentuk masakan atau ekstrak minuman dari daun ini. Maka akan membantu menyehatkan tubuh kamu, dan juga akan mencegah potensi penyakit yang ada di dalam tubuh kamu.


Untuk mengkonsumsi daunn gedi baik itu degan cara direbus maupun di buat menjadi jus, akan lebih baik kamu konsultasi dengan pakar herbal. Dengan demikian maka kamu akan mendapatkan takaran yang benar-benar pas sesuai dengan penyakit yang kamu derita. Atau setidaknya 1 gelas dalam sehari atau 2 hari sekali.
1. Menyehatkan mata

Kandungan vitamin A yang sangat tinggi yang ada di dalam daun gedi ini, mampu mencegah beragai macam penyakit mata. Jadi daun ini hampir setara dengan wortel yang memiliki kandungan vitamin yang juga cukup tinggi. Sehari sekali akan membuat mata kamu lebih terlihat cerah dan bersinar dan tidak kelihatan layu atau kecoklatan.
2. Mengobati maag

Pola makan yang tidak sehat atau tidak teratur bisa menyebabkan penyakit maag. Degan mengkonsumsi air rebusan atau jus dari daun gedi. Setidaknya satu kali dalam sehari baik pada malam hari menjelang tidur atau saat pagi hari akan memnyembuhkan penyakit maag kamu.
3. Mencegah penyakit kardiovaskular

Salah satu penyakit yang ditimbalkan adanya penyumbatan pada pembuluh darah ini bisa berdampak pada organ tubuh kamu yang lain, misalnya pada jantung. Kandungan seperti flavonoid yang ada di dalam daun gedi akan memperlancar peredaran darah baik dari jantung dan juga otak.
4. Mengobati diabetes

Tidak hanya pada daun salam dan juga pada daun ceri saja yang mampu menurunkan kadar gula darah. Akan tetapi daun gedi juga memiliki khasiat yang serupa, yakni mampu menurunkan gula darah hingga batas normal. Dan biasanya orang yang terkena penyakit diabetes mengkonsumsi air rebusan atau jus dari daun ini setidaknya satu kali dalam sehari.
5. Mencegah osteoporosis

Daun gedi ini yang diolah menjadi obat herbal sangat bagus untuk dikonsumsi oleh orang-orang tua atau yang sudah lebih dari 50 tahun. Karena senyawa aktif yang ada di dalam daun ini akan mencegah timbulnya pengeroposan pada tulang.
6. Menurunkan kolesterol

Tingkat kolesterol yang cukup tinggi yang ada di dalam tubuh yang biasanya terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak sangat berbahaya bagi kesehatan organ tubuh lainnya. Dengan secara teratur mengkonsumsi ekstrak dari daun gedi ini akan menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh kamu.
7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya akan membantu meningkatkan kekebalan pada tubuh kamu. Jadi dengan mengkonsumsinya secara rutin setidaknya 2 hingga 3 kali dalam seminggu saja sudah akan membangun sistem imun di dalam tubuh. Jadi tidak terlalu gampang sakit, seperti demam, flu, panas tinggi, dan lain-lain.
8. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa berakibat fatal misalnya seperti serangan stroke. Dengan mengkonsumsi ekstrak dari daun gedi ini akan menurunkan tekanan darah kamu menjadi normal kembali.
9. Mengobati luka dalam maupun luar

Kandungan yang ada di dalam daun gedi seperti methanol inilah yang mamu menyembuhkan luka. Baik itu luka yang ada di dalam tubuh seperti masalah pada lambung dan juga luka luar. Untuk pengobatan luka luar kamu hanya menumbuk beberapa daun gedi yang masih segar lalu menempelkan pada luka lecet atau tergores dan menutupnya menggunakan perban.
10. Mencegah infeksi

Infeksi yang disertai dengan pembengkakan dan peradangan sudah pasti cukup sakit rasanya. Kandungan seperti flavonoid dan polifenol yang ada di dalam daun gedi akan berfungsi untuk mencegah inflamasi. Jadi pembengkakan tidak akan semakin membesar dan juga mencegah infeksi karena luka.
11. Mencegah sakit jantung

Salah satu penyebab terjadinya serangan jantung atau sakit jantung adalah tidak lancarnya aliran darah pada pembuluh darah dan bisa juga adanya gumpalan darah. Dengan meminum air rebusan atau jus dari daun gedi maka akan memperlancar poeredaran darah. Dengan demikian akan mencegah terjadinya sakit jantung.
12. Mengobati depresi

Cuku unik memang, daun gedi ini memiliki kandungan yang bersifat sebagai anti depresan. Dengan meminum air rebusan atau jus dari daun ini maka aan sangat menenangkan. Dan juga adanya zat serotonin di dalamnya yang memang mampu meredakan rasa cemas. Bahkan sangat dianjurkan ketika kita sedang stres tentang pekerjaan atau masalah lain bisa mengganti minuman biasanya dengan minuman yang terbuat dari daun gedi.
13. Mencegah anemia

Kandungan zat besi yang lumayan tinggi yang ada di dalam daun gedi akan mencegah anemia. Dan kinerjanya akan membantu dalam pemnbentukan hemoglobin yang ada di dalam sel darah merah.
14. Mengobati masalah pencernaan

Mulai dari mual hingga susah buang air besar akan hilang dengan mengkonsumsi air rebusan atau jus daun gedi. Karena prosesnya akan membuang semua kotoran yang ada di dalam usus besar dan juga akan mengembalikan kesehatan lambung dan juga usus.
15. Melancarkan pernafasan

Sifatnya yang sangat menyegarkan akan membantu pernafasan kamu yang tidak lancar. Bisa diakibatkan karena adanya penyakit di dalam paru-paru atau dikarenakan oleh demam atau flu. Minimlah sari dari daun gedi ini setiap harinya untuk kembali melancarkan pernafasan kamu.
16. Melancarkan buang air kecil

Dengan meminum air rebusan atau jus dari daun gedi hampir sama kamu meminum daun kumis kucing, yang memiliki fungsi untuk melancarkan buang air kecil.
17. Sebagai antiviral

Beberapa penyakit yang kita derita biasanya disebabkan oleh adanya virus. Dengan mengkonsumsi daun gedi maka akan menangkal virus yang masuk di dalam tubuh kita. Dan juga akan membangun sistem kekebalan pada tubuh, agar tidak terlalu mudah terkena penyakit.
18. Menguatkan janin

Sangat dianjurkan untuk ibu yang hamil baru beberapa bulan untuk meminum ekstrak dari daun gedi ini. Akan tetapi kamu juga harus berkonsultasi dengan dokter atau pakar herbal terlebih dahulu. Agar nantinya takarannya sangat tepat buat menyehatkan janin kamu.
19. Menignkatkan seksualitas

Tidak hanya pada pria saja akan tetapi pada wanita juga. Dengan meminum air rebusan atau jus daun gedi maka akan meningkatkan gairah seksual. Hal ini disebabkan karena daun tersebut memiliki sifat afrodisiak yang memang berfungsi untuk menignkatkan gairah seksual.
20. Mengontrol kesuburan

Terkadang banyak wanita yang selalu mengalami masalah pada sistem repoduksinya. Hanya degan meminum ekstrak daun gedi maka akan kembali menyehatkan sistem reproduksi wanita.
21. Mencegah keguguran

Selain menyehatkan janin, manfaat dan khasiat daun gedi ini akan mencegah terjadinya keguguran. Jadi daun ini akan memberikan cukup nutrisi untuk mengembalikan stamina sang ibu.
22. Membantu persalinan

Dengan secara teratur meminum air rebusan atau jus daun gedi sesuai yang dianjurkan maka akan memperlancar proses persalinan. Karena dengan meminumnya maka sang ibu akan lebih tenang dan juga tidak begitu merasakan rasa sakit ketika proses persalinan.
23. Memperlancar ASI

Tidak jarang ibu yang melahirkan anak pertama sangat sedikit ASI yang keluar atau bahkan keluarnya tidak lancar. Dengan rutin meminum ekstrak dari daun gedi maka akan memperlancar keluarnya ASI dan juga akan menambah jumlah ASI yang diproduksi.
24. Mengurangi asidosis pada ibu hamil

Sayuran yang sangat tinggi akan kalsiumnya ini akan membantu menjaga asam basa dalam darah. Dan disamping itu akan mencegah tmbulnya penyakit karena terlalu tingginya asam basa yang ada di dalam tubuh ibu hamil.
25. Mengobati sakit gigi

Cukup banyak penyebab ggi sakit, bisa karena gigi berlobang atau patah dan juga pengeroposan. Kamu bisa memanfaatkan air dari daun gedi ini untuk berkumur setiap harinya. Karena dengan begitu akan mencegah terjadinya peradangan.
26. Memperlancar BAB

Tidak hanya untuk melancarkan buang air kecil saja, akan tetapi manfaat daun gedi juga akan melancarkan BAB. Cukup meminumnya ketika malam hari atau menjelang tidur, maka pagi harinya akan membantu memperlancar BAB.
27. Mengobati insomnia






Binahong Merah




5 Manfaat Binahong Merah pada dunia kesehatan
       
Ciri-ciri tumbuhan binahong

Berikut ini adalah ciri-ciri tumbuhan binahong yang perlu anda ketahui supaya ketika anda ingin mencarinya anda mudah mengenalinya.

    Tumbuhan binahong adalah tanaman yang merambat yang bisa merambat di tumbuhan lainnya, di tembok, pagar dan lainnya.  Batang tumbuhan binahong cukup lunak sehingga sangat fleksibel dan saling membelit dengan mudahnya. Jadi meskipun tumbuhan binahong ini merambat namun cukup kuat.  Batangnya memiliki tekstur halus namun keras jika ditekan dan juga memiliki warna kemerahan.  Namun jika usianya sudah cukup tua, warna batang akan berubah menjadi keputihan.   Batang tumbuhan binahong mampu berukuran sampai 20 hingga 30 meter.    Diameter pada pangkal batangnya kira-kira sebesar 3,5 cm.    Usia dari tumbuhan binahong ini cukup singkat dimana hanya sampai 3 bulan saja namun tumbuhan ini akan membentuk umbi atau rimpang yang terbentuk di ketika daun.    Bentuk dari umbinya ini bertekstur agak kasar dan terdapat bulu-bulu halus yang panjangnya sekitar 1 hingga 3 cm.    Daunnya berbentuk seperti hati dengan tangkainya berada di bagian paling melengkung.    Warna daun binahong ini ada yang hijau ada yang merah tergantung pada jenisnya. Nah, karena usia dari tumbuhan binahong ini cukup singkat maka ketika terdapat umbi atau rimpang dari daun ini sebaiknya ditanam lagi supaya bisa tumbuh kembali.


Kandungan daun binahong merah

Apa saja kandungan dalam daun binahong merah mengapa sangat baik bagi kesehatan? Kandungan daun binahong merah ini diantaranya adalah sebagai berikut:

    Di dalam daun binahong merah terdapat aktivitas yang muncul dan digunakan sebagai penangkal radikal bebas atau digunakan sebagai antioksidan. Selain itu juga menghasilkan asam karbonat, asam fenolik dan senyawa lainnya yang sangat baik untuk membunuh bakteri gram baik yang negatif maupun positif yang biasanya ada di dalam penderita penyakit seks menular (PMS).
    Kandungan lainnya dalam daun binahong merah adalah asam oleanolic yang memiliki fungsi sebagai anti inflamasi atau anti peradangan yang juga bisa meredakan infeksi dari adanya luka bakar.
    Daun binahong merah juga mengandung protein tinggi dimana mampu merangsang pertumbuhan antibody atau daya tahan tubuh sehingga jika mengonsumsi daun binahong merah maka tubuh tidak akan mudah sakit. Protein juga bermanfaat sebagai hormone perangsang pertumbuhan sehingga bagi remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan akan sangat baik jika mengonsumsi daun binahong merah ini.
    Selain itu kandungan lainnya yang ada di dalam daun binahong merah ini adalah saponin. Saponin bermanfaat sebagai zat pembersih dan pembentuk kolagen sehingga kulit akan menjadi lebih sehat, bersih dan lebih cerah. Saponin juga berkhasiat untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam tubuh dan bisa mencegah terjadinya penyakit jantung koroner.


Manfaat daun binahong merah

Manfaat daun binahong untuk kesehatan ini sangatlah banyak dan bisa anda dapatkan dengan mudah. Apa saja manfaat dari daun binahong ini? simak selengkapnya berikut ini:

   

    1.Mengatasi kolesterol

Masalah kesehatan lainnya yang saat ini sedang menjadi pembicaraan banyak orang adalah masalah kolesterol. Kolesterol yang berlebihan dalam tubuh bisa membuat terganggunya peredaran darah hal ini disebabkan karena kolesterol menyumbat aliran darah. dalam jangka panjang jika kolesterol dibiarkan bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit berbahaya diantaranya adalah penyakit stroke, jantung dan tekanan darah tinggi dimana penyakit tersebut adalah termasuk dalam jenis penyakit yang mematikan.

Untuk membantu mengatasi kolesterol anda bisa menggunakan daun binahong merah. Caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun binahong yang telah dicuci bersih dan kemudian direbus dengan air besih. Biarkan sampai air menyusut dan menjadi kental. Setelah itu diamkan hingga agak mendingin dan kemudian bisa anda minum langsung. Jika anda tidak suka dengan rasanya anda bisa menambahkan gula jawa atau madu untuk membuat rasanya semakin enak.
 
 2. Mengatasi maag

Maag merupakan penyakit di dalam lambung karena kelainan produksi asam lambung yang membuat lambung menjadi terasa perih ketika telat makan. Solusi terbaik untuk mengatasi maag adalah dengan tetap menjaga asupan makan yang teratur. Hal ini sangatlah penting untuk mencegah maag kambuh karena jika maag sudah kambuh dan baru diberi makan maka akan menyebabkan lambung menjadi lebih tidak enak lagi nantinya.

Pada penyakit maag yang sudah kronis bahkan bisa membuat penderitanya muntah darah jika telat makan dan beresiko harus diopname karena kondisi lambung yang sudah tidak tertahankan lagi. Oleh karena itu anda harus mengobatinya dengan baik supaya maag bisa teratasi dan berangsur membaik. Salah satu obat herbal yang bisa anda gunakan untuk mengatasi maag ini adalah menggunakan daun binahong merah.

Cara membuat daun binahong merah ini menjadi obat maag adalah dengan merebusnya sampai mendidih, setelah itu saring dan biarkan agak dingin kemudian baru bisa anda minum secara rutin setiap harinya. Anda bisa merasakan hasilnya dari konsumsi ramuan rebusan daun binahong merah ini dalam beberapa bulan ke depan. Tentu saja anda akan merasaka perubahan besar pada gangguan maag yang anda alami.



3.Obat pasca operasi

Jika anda telah melakukan operasi pastinya menimbulkan bekas luka pasca operasi ini. luka bekas operasi terkadang tidak kunjung sembuh dan membuat para penderitanya menjadi susah untuk melakukan berbagai jenis kegiatan. Nah, untuk membantu mengatasi masalah luka bekas operasi maka anda bisa menggunakan bantuan dari daun binahong merah. Caranya sangat mudah saja, anda hanya harus menyiapkan 20 daun binahong yang masih muda dan pilih yang lebar ya, kemudian siapkan juga 3 gelas air bersih. Cuci daun binahong sampai bersih dan kemudian rebus dengan 3 gelas air tadi. Tunggulah sampai mendidih dan sampai air menyusut menjadi 2 gelas saja. setelah itu angkat dan biarkan sampai cukup hangat. Kemudian minumlah secara rutin 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada penyembuhan luka operasi.


  4.  Mengurangi asam urat

Tubuh setiap hari memproduksi asam urat dimana seharusnya asam ini akan ikut terbuang melalui urin. Namun terkadang asam ini mengalami penumpukan atau pengendapan di bagian persendian yang berbentuk Kristal tajam sehingga memberikan rasa sakit yang tidak tertahankan bagi para penderitanya. Jika asam urat dibiarkan dan tidak diobati maka berpotensi menyebabkan kelumpuhan bagi penderitanya.

Mengobati asam urat bisa menggunakan daun binahong, caranya adalah dengan meminum ramuan rebusan dari daun binahong merah. Rebusan daun binahong merah ini akan sangat efektif dan aman bagi anda para penderita asam urat. Minumlah ramuan rebusan daun binahong secara rutin supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal. jika anda hanya meminumnya sekali atau dua kali saja maka hasilnya tidak akan bisa terlihat karena membutuhkan konsumsinya secara rutin.

5. Mengatasi jerawat

Kecantikan sering kali direpresentasikan dengan kecantikan wajah. Wajah memang menjadi garda utama pada masalah penampilan. Salah satu masalah pada wajah yang cukup banyak dialami oleh orang adalah tumbuhnya jerawat. Jerawat disebabkan oleh berlebihannya minyak di dalam pori-pori wajah yang tercampur dengan bakteri atau kuman sehingga mengalami pembengkakan dan jadilah sebuah jerawat. Jerawat dialami oleh berbagai usia dan jenis kelamin namun paling banyak dialami oleh remaja yang baru dalam masa pubertasnya.

Cara menggunakan daun binahong merah ini untuk mengatasi jerawat antara lain adalah dengan menumbuknya menjadi halus dan oleskan pada wajah atau digunakan seperti masker. Selain itu anda juga bisa membuat ramuan rebusan daun binahong merah dimana air rebusan ini nantinya digunakan untuk mencuci wajah secara teratur sebanyak 2 kali dalam sehari. Jika anda rutin mengenakannya selain mendapatkan wajah yang bebas dari jerawat, anda juga akan mendapatkan kulit wajah yang lebih kencang dan halus serta pori-pori tidak besar lagi.

Menggunakan daun binahong merah ini untuk mengatasi jerawat adalah cara yang sangat ampuh dan efektif dari herbal dari pada anda menggunakan obat kimia yang berpotensi menyebabkan efek samping pada kesehatan.   
 


untuk pemesanan 081330679398

Biji binahong merah adalah salah satu jenis dari biji binahong yang berwarna merah. Selain warna merah, biji ini juga memiliki jenis lainnya yaitu warna hitam. Binahong sendiri adalah buah menyehatkan yang mengandung banyak kandungan alami untuk tubuh. Selain buahnya, Anda juga dapat memanfaatkan biji buah ini untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan juga mengatasi berbagai jenis penyakit yang akan menyerang tubuh, terutama penyakit menular.

Biji binahong merah bentuk dan ukuran sama seperti biji binahong lainnya, hanya bagian luar dari penampilan buah binahongnya saja yang berwarna merah. Anda dapat mengambil beberapa biji binahong ini kemudian mengeringkannya. Tujuan dari pengeringan tersebut adalah membuat biji sehat ini lebih awet sehingga bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama. Anda dapat menyeduhnya seperti teh atau menghaluskannya menjadi bubuk untuk konsumsi yang lebih mudah.

Biji Binahong Merah, Manfaat Biji Binahong Merah, Khasiat Biji Binahong Merah

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat biji binahong merah, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan biji ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.
1. Obat radang mata

Manfaat biji binahong merah yang pertama yaitu dapat menjadi obat untuk menyembuhkan penyakit radang pada organ penglihatan. Biji ini bisa menjadi bahan herbal yang mengatasi radang di selaput mata dan mencegah iritasi pada mata.
2. Mengatasi diare

Khasiat biji binahong merah mampu mengatasi diare. Kandungan alami dalam biji unik ini akan membunuh bakteri yang menjadi penyebab utama munculnya diare. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan jenis makanan yang akan Anda makan.
3. Mencegah penyakit gula

Manfaat biji binahong merah juga dapat mencegah penyakit gula atau yang lebih sering dikenal sebagai diabetes. Biji sehat ini akan menurunkan kadar gula dalam darah Anda yang naik sehingga penyakit gula tidak menyerang tubuh Anda.
4. Biji anti kanker

Khasiat biji binahong merah mempunyai sifat anti kanker yang baik untuk tubuh. Biji sehat ini punya kandungan anti kanker yang bisa melawan sel kanker sehingga tidak menyebar ke seluruh bagian sel di tubuh Anda.
5. Obat radang usus

Manfaat biji binahong merah sangat berkhasiat untuk usus Anda. Biji buah ini akan menyehatkan usus dengan mengatasi gejala radang. Ada baiknya Anda rajin mengonsumsi biji ini sampai radang di usus Anda sembuh dan tidak muncul kembali.
6. Penurun kolesterol

Kolesterol yang tinggi bisa Anda turunkan dengan biji binahong merah. Biji unik ini akan mengatasi tingkat kolesterol yang tinggi sehingga tidak membuat tubuh Anda berpotensi besar mengalami banyak penyakit berbahaya untuk tubuh.
7. Mengatasi rasa sakit serta nyeri

Jika Anda sering mengalami rasa sakit dan nyeri yang tidak tertahankan, Anda bisa mengonsumsi biji binahong merah. Biji merah ini bisa meredakan nyeri dan sakit dengan alami tanpa memberikan efek samping ke tubuh Anda.
8. Menyehatkan jantung

Tingkatkanlah kesehatan jantung Anda dengan mengonsumsi banyak makanan sehat dan juga mencoba khasiat biji binahong merah. Biji ini memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung dan menjaga jantung Anda dari penyakit.
9. Mengatasi penyakit kulit

Manfaat biji binahong merah juga bisa menjadi obat luar yang baik untuk mengatasi penyakit kulit. Biji sehat ini punya banyak kandungan sehat yang bisa mengatasi beberapa penyakit kulit, seperti bisul, borok, gatal, dan lainnya.
10. Mencegah malaria

Kelebihan biji binahong merah yang tidak mudah Anda temukan pada biji lainnya yaitu khasiat alaminya dalam mencegah penyakit malaria. Anda bisa dengan segera menggunakan biji ini ketika gejala malaria muncul pada tubuh.


Selain 10 manfaat dan khasiat biji binahong merah untuk kesehatan, ada lagi 5 manfaat lainnya dari biji ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:
5 Manfaat dan Khasiat Biji Binahong Merah Lainnya:

    Obat kepala pusing
    Mengatasi sakit kepala
    Obat migraine
    Mencegah efek radikal bebas
    Baik untuk kesehatan usus

Itulah 15 manfaat dan khasiat biji binahong merah untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan memanfaatkan khasiat biji yang sehat pula. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan Anda nantinya di masa depan, karena kesehatan jaman sekarang merupakan hal yang mahal. Selamat mencoba.





Komentar

  1. Mohon info dimana bisa dapatkan bibit tanaman Gedi Merah? tlg hub sy di wa 081314708124

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Riboflavin dan Flavanoid